Pengetahuan Produk dan Keterlibatan Konsumen


“Pengetahuan Produk dan Keterlibatan Konsumen”

TUGAS PAPER MODUL 4
PERILAKU KONSUMEN

Tugas kegiatan belajar 
1. Deskripsikan salah satu produk yang biasa anda gunakan berdasarkan tingkatan pengetahuan produk !
 Pengetahuan produk adalah kumpulan berbagai macam informasi mengenai produk. Pengetahuan ini meliputi kategori produk, merek, terminology produk, fitur produk, harga produk dan kepercayaan konsumen terhadap produk. Konsumen memiliki tingkatan pengetahuan produk yang berbeda yang dapat dipergunakan untuk menerjemahkan informasi baru dan membuat pilihan pembelian. Tingkatan pengetahuan produk dibentuk ketika seseorang mengkombinasikan beberapa konsep arti ke dalam kategori pengetahuan yang lebih besar dan lebih abstrak. Konsumen dapat memiliki tiga jenis pengetahuan produk yaitu : (1) pengetahuan tentang ciri/ karakter produk/atribut produk (2) pengetahuan tentang konsekuensi/manfaat produk (3) pengetahuan tentang nilai yang akan dipuaskan atau dicapai oleh produk.
Contoh pada kaos T-shirt VOLCOM
T-shirt VOLCOM mempunyai perangkat ciri yaitu bahan dari katun pilihan yang dibuat asli di Amerika, bentuk T-shirt yang pas dengan tubuh, harga yang cukup terjangkau untuk barang import sekitar 250.000 rupiah. Desain dan model gambar sablon yang sangat menarik dan memiliki spesifikasi yang hanya dimiliki oleh merk VOLCOM.
Perangkat manfaat dari T-Shirt VOLCOM antara lain adalah tahan lama dan warna yang tidak mudah pudar walaupun sudah lama dipakai karena terbuat dari bahan pilihan. Membuat tubuh merasa nyaman karena mampu menyerap keringat dan menguapkannya dengan cepat. Tidak membuat rasa gatal pada tubuh karena memiliki teknologi anti bacteria pada bahannya.
Sedangkan perangkat kepuasan dari T- Shirt VOLCOM adalah menambah kepercayaan diri pengguna karena merk VOLCOM mempunyai desain yang menarik dan merupakan barang import. Membuat tubuh segar karena keringat dan bakteri berkurang.

2. Jelaskan secara rinci produk yang anda gunakan ( soal 1) dengan menggunakan rantai arti-akhir.
CIRI
KONSEKUENSI
NILAI
Ciri nyata
Ciri abstrak
Konsekuensi fungsional
Konsekuensi psikososial
Nilai instrumen
Nilai terminal
                                    

       I.            Ciri nyata yaitu perwakilan kognitif karakteristik fisik produk, dapat langsung diterima dan nyata. Contohnya adalah harga dan bahan katun dari T- Shirt VOLCOM.
    II.            Ciri abstrak yaitu abstrak yang mewakili beberapa ciri nyata lainnya, subjektif dan tidak dapat diukur langsung. Contohnya adalah T-Shirt VOLCOM merupakan barang import.
 III.            Konsekuensi fungsional yaitu konsekuensi nyata dan langsung dari penggunaan produk. Contohnya adalah T-Shirt VOLCOM nyaman digunakan karena menyerap keringat dan anti bacteria
 IV.            Konsekuensi psikososial yaitu konsekuensi psikologis dan social atau bagaimana orang lain memandang saya dari penggunaan produk. Contohnya orang memandang saya berbeda dan membuat lebih percaya diri di tempat umum karena menggunakan T-Shirt VOLCOM.
    V.            Nilai instrumental yaitu model perilaku yang diinginkan atau konsekuensi penggunaan produk yang abstrak. Contohnya menjadi pusat perhatian karena T-Shirt VOLCOM memiliki warna dan desain yang menarik.
 VI.            Nilai terminal yaitu status akhir yang diinginkan atau konsekuensi penggunaan produk yang sangat abstrak. Contohnya adalah harga diri karena pengguna T-shirt VOLCOM merupakan cerminan dari mode fashion jaman sekarang.

3. Jelaskan pula hubungan produk yang anda uraikan diatas dengan strategi pemasaran yang perlu dikembangkan.
                Hubungan produk T-shirt VOLCOM memiliki keterlibatan konsumen yang tinggi dan pengetahuan produk yang tinggi. Keterlibatan konsumen tinggi karena T-Shirt VOLCOM memiliki konsekuensi relevan yang sangat dirasakan seperti tanggapan pengaruh yang lebih kuat layaknya emosi. Keterlibatan adalah status motivasi yang menggerakkan serta mengarahkan proses kognitif dan perilaku pada saat mereka membuat keputusan. Pengetahuan produk yang tinggi diakarenakan pengetahuan tentang kategori, merek, fitur, harga dan kepercayaan konsumen akan T-Shirt VOLCOM juga tinggi. Hal tersebut dikarenakan VOLCOM adalah T-Shirt yang telah dikenal di seluruh dunia. Hampir seluruh Negara di dunia ini mengimpor T-Shirt VOLCOM dari Amerika.

Strategi pemasaran yang perlu dikembangkan adalah membuat T-Shirt VOLCOM dengan label limited edition atau T-Shirt dengan desain khusus yang hanya tersedia beberapa potong tertentu, seperti hanya ada 1000 di seluruh dunia. T-Shirt yang diberi nomor tersebut mungkin akan menstimulus konsumen terutama yang memiliki keterlibatan dan pengetahuan produk yang tinggi terhadap T-Shirt VOLCOM, untuk mendapatkan dan mengoptimalkan kepuasan nilai yang diinginkan. Strategi pemasaran yang lain adalah dengan membuat situs web VOLCOM agar konsumen di seluruh dunia ini dapat melihat catalog produk dan bisa bertransaksi langsung atau berbelanja secara online tanpa harus datang ke store-store ataupun outlet-outlet VOLCOM yang masih jarang dijumpai selain dikota-kota besar di Indonesia.




FAHMI

No comments:

Post a Comment

Instagram