Manajemen Usahatani Padi


PENGANTAR USAHATANI
” Manajemen Usahatani (Farming Management) “



Oleh :

Kelas H
FINA LUTFIYANAH                            105040201111090
M. GURUH ARIF ZULFAHMI            105040201111091
HADI PURNOMO                              105040201111092
HAFIDZ YUDHA T.                            105040201111093
HIMATIN PRAMITASARI                  105040201111094




UNIVERSITAS BRAWIJAYA
FAKULTAS PERTANIAN
PROGRAM STUDI AGROEKOTEKNOLOGI
MALANG
2012



KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT karena telah memberi rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyusun makalah untuk memenuhi tugas Usaha Tani yang berjudul “ Manajemen Usahatani ”.

Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabat-Nya yang telah membimbing kita menuju jalan kebenaran. Tidak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berusaha membantu hingga terselesaikannya penulisan makalah ini. Semoga semua bantuan tersebut dapat dibalas oleh Allah SWT. Amin.

Penulis berharap makalah ini dapat bermanfaat dan memperluas wawasan bagi penulis khususnya, dan segenap pembaca umumnya. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari berbagai pihak sangat kami harapkan untuk menuju kesempurnaan makalah ini.



Malang, 30 September 2012




Penyusun




BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Pertanian dalam pengertian yang luas mencakup semua kegiatan yang melibatkan pemanfaatan makhluk hidup (termasuk tanaman, hewan, dan mikrobia) untuk kepentingan manusia. Dalam arti sempit, pertanian juga diartikan sebagai kegiatan pemanfaatan sebidang lahan untuk membudidayakan jenis tanaman tertentu, terutama yang bersifat semusim.Usaha pertanian diberi nama khusus untuk subjek usaha tani tertentu. Kehutanan adalah usaha tani dengan subjek tumbuhan (biasanya pohon) dan diusahakan pada lahan yang setengah liar atau liar (hutan).
Peternakan menggunakan subjek hewan darat kering (khususnya semua vertebrata kecuali ikan dan amfibia) atau serangga (misalnya lebah). Perikanan memiliki subjek hewan perairan (termasuk amfibia dan semua non-vertebrata air). Suatu usaha pertanian dapat melibatkan berbagai subjek ini bersama-sama dengan alasan efisiensi dan peningkatan keuntungan. Pertimbangan akan kelestarian lingkungan mengakibatkan aspek-aspek konservasi sumber daya alam juga menjadi bagian dalam usaha pertanian. Semua usaha pertanian pada dasarnya adalah kegiatan ekonomi sehingga memerlukan dasar-dasar pengetahuan yang sama akan pengelolaan tempat usaha, pemilihan benih/bibit, metode budidaya, pengumpulan hasil, distribusi produk, pengolahan dan pengemasan produk, dan pemasaran.
Apabila seorang petani memandang semua aspek ini dengan pertimbangan efisiensi untuk mencapai keuntungan maksimal maka ia melakukan pertanian intensif (intensive farming). Usaha pertanian yang dipandang dengan cara ini dikenal sebagai agribisnis. Program dan kebijakan yang mengarahkan usaha pertanian ke cara pandang demikian dikenal sebagai intensifikasi. Karena pertanian industrial selalu menerapkan pertanian intensif, keduanya sering kali disamakan. Sisi pertanian industrial yang memperhatikan lingkungannya adalah pertanian berkelanjutan (sustainable agriculture).
Pertanian berkelanjutan, dikenal juga dengan variasinya seperti pertanian organik atau permakultur, memasukkan aspek kelestarian daya dukung lahan maupun lingkungan dan pengetahuan lokal sebagai faktor penting dalam perhitungan efisiensinya. Akibatnya, pertanian berkelanjutan biasanya memberikan hasil yang lebih rendah daripada pertanian industrial. Pertanian modern masa kini biasanya menerapkan sebagian komponen dari kedua kutub "ideologi" pertanian yang disebutkan di atas. Selain keduanya, dikenal pula bentuk pertanian ekstensif (pertanian masukan rendah) yang dalam bentuk paling ekstrem dan tradisional akan berbentuk pertanian subsisten, yaitu hanya dilakukan tanpa motif bisnis dan semata hanya untuk memenuhi kebutuhan sendiri atau komunitasnya.
Sebagai suatu usaha, pertanian memiliki dua ciri penting: selalu melibatkan barang dalam volume besar dan proses produksi memiliki risiko yang relatif tinggi. Dua ciri khas ini muncul karena pertanian melibatkan makhluk hidup dalam satu atau beberapa tahapnya dan memerlukan ruang untuk kegiatan itu serta jangka waktu tertentu dalam proses produksi. Beberapa bentuk pertanian modern (misalnya budidaya alga, hidroponika) telah dapat mengurangi ciri-ciri ini tetapi sebagian besar usaha pertanian dunia masih tetap demikian.






1.2  Tujuan
Tujuan dari makalah ini adalah
1.    Pentingnya Manajemen Usahatani.
2.    Kondisi Petani.
3.    Penerapan Manajemen Usahatani.
4.    Peningkatan Kemampuan Manajemen Usahatani.
5.    Peningkatan Nilai Tambah.
6.    Pengembangan Kelembagaan.




BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Usahatani (Farming)
Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya. Kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang termasuk dalam pertanian biasa difahami orang sebagai budidaya tanaman atau bercocok tanam (bahasa Inggris: crop cultivation) serta pembesaran hewan ternak (raising), meskipun cakupannya dapat pula berupa pemanfaatan mikroorganisme dan bioenzim dalam pengolahan produk lanjutan, seperti pembuatan keju dan tempe, atau sekedar ekstraksi semata, seperti penangkapan ikan atau eksploitasi hutan.
Bagian terbesar penduduk dunia bermata pencaharian dalam bidang-bidang di lingkup pertanian, namun pertanian hanya menyumbang 4% dari PDB dunia. Sejarah Indonesia sejak masa kolonial sampai sekarang tidak dapat dipisahkan dari sektor pertanian dan perkebunan, karena sektor - sektor ini memiliki arti yang sangat penting dalam menentukan pembentukan berbagai realitas ekonomi dan sosial masyarakat di berbagai wilayah Indonesia. Berdasarkan data BPS tahun 2002, bidang pertanian di Indonesia menyediakan lapangan kerja bagi sekitar 44,3% penduduk meskipun hanya menyumbang sekitar 17,3% dari total pendapatan domestik bruto.
Kelompok ilmu-ilmu pertanian mengkaji pertanian dengan dukungan ilmu-ilmu pendukungnya. Inti dari ilmu-ilmu pertanian adalah biologi dan ekonomi. Karena pertanian selalu terikat dengan ruang dan waktu, ilmu-ilmu pendukung, seperti ilmu tanah, meteorologi, permesinan pertanian, biokimia, dan statistika, juga dipelajari dalam pertanian. Usaha tani (farming) adalah bagian inti dari pertanian karena menyangkut sekumpulan kegiatan yang dilakukan dalam budidaya. Petani adalah sebutan bagi mereka yang menyelenggarakan usaha tani, sebagai contoh "petani tembakau" atau "petani ikan". Pelaku budidaya hewan ternak (livestock) secara khusus disebut sebagai peternak.
Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, dan mengendalikan kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi dengan menggunakan sumberdaya organisasi. Dalam perkembangan jaman, manajemen mutlak diperlukan untuk melaksanakan semua jenis usaha, tidak terkecuali suatu usahatani dengan skala kecil sekalipun.
Manajemen adalah suatu seni, dimana setiap orang akan memiliki suatu hasil yang berbeda dengan mengelola suatu usaha yang sama. Demikian pula dalam usahatani, dengan modal dan hamparan lahan yang relatif sama dan berdekatan serta kondisi iklim yang sama, suatu usahatani yang dikelola orang yang berbeda akan dapat mendatangkan hasil yang berbeda. Hal ini terjadi karena pola pemikiran seseorang dalam mengambil keputusan dan mengelola usaha tidak pernah sama antara orang per orang. Dan dalam usahatani kemungkinan seseorang mengembangkan kreatifitasnya dalam mengelola, adalah sangat besar.

2.1 Pentingnya Manajemen Usahatani
Keberhasilan suatu usahatani sangat ditentukan oleh bagaimana manajemen yang dijalankan dalam usaha tersebut. Bagaimana pengelolaan sumberdaya alam, sumberdaya manusia dan modal yang dimiliki menjadi efektif dan efisien. Beberapa hal yang membedakan manajemen usahatani dengan manajemen usaha yang lain antar lain adalah :
a.    Keanekaragaman jenis tanaman yang sangat besar dalam sektor pertanian
b.    Besarnya jumlah petani
c.    Keanekaragaman skala usaha di bidang pertanian
Suatu usaha tani dimungkinkan dilaksanakan mulai dari skala yang sangat kecil (buruh tani) hingga ke skala perkebunan sangat besar.
Falsafah hidup tradisional secara umum masih melekat dalam diri petani
d.    Kecenderungan berorientasi keluarga dan masyarakat sekitar saja
e.    Usahatani sangat berkaitan dengan gejala alam
f.     Kareakteristik produk pertanian yang musiman, mudah rusak dan tidak tahan lama
g.    Produk pertanian selalu dibutuhkan sebagai bahan pangan masyarakat yang harus selalu cukup tersedia

Hal–hal tersebut di atas menjadikan manajemen usahatani memerlukan penanganan yang berbeda dibandingkan dengan penanganan usaha lain di luar sektor pertanian. Manajemen akan terlaksana dengan baik dengan memperhatikan unsur-unsur yang terkait, yaitu : (1) Manusia yang melaksanakan manajemen ; (2) Seni untuk menjalankan manajemen ; (3) Keberhasilan.
Modernisasi dan restrukturisasi produksi tanaman pangan yang berwawasan agribisnis dan berorientasi pasar memerlukan kemampuan manajemen usaha yang profesional. Oleh sebab itu, kemampuan manajemen usahatani kelompok tani perlu didorong dan dikembangkan mulai dari perencanaan, proses produksi, pemanfaatan potensi pasar, serta pemupukan modal/investasi. Langkah-langkah yang diperlukan dalam mendorong peran serta petani dalam penyediaan modal/investasi untuk pengembangan usahatani antara lain: (1) Memberikan penyuluhan/informasi ; (2) Insentif dan kondisi yang kondusif agar petani mampu memanfaatkan sumber permodalan dan sumber daya lainnya secara optimal.

Kondisi Petani
Usahatani di Jawa terutama, telah dicirikan dengan lahan sempit, sehingga pendapatan yang diperoleh dari usahatani sangat kecil, petani dikawasan agropolitan di Jatim (Kecamatan Senduro, Pasrujambe, Lumajang, Batu dan Pacet-Mojokerto), umumnya juga dicirikan pemilikan lahan sawah, tegal atau pekarangan yang sempit. Untuk menambah penghasilan keluarga, umumnya petani merangkap bekerja di sektor jasa dan industri. Sebagai konsekuensinya, setelah musim tanam selesai atau waktu tertentu, petani harus meninggalkan usahataninya untuk bekerja di luar usahatani.
a.    Inovasi Teknologi
Melalui inovasi teknologi, diyakini keuntungan usahatani persatuan luas akan dapat terdongkrak, komoditas unggulan yang menggiurkan akan dapat diciptakan. Akan tetapi, teknologi yang diintroduksi ke petani akan lebih disukai jika teknologi tersebut mudah diaplikasikan, kurang intensif penanganannya, tidak memerlukan pengamatan tiap hari dan tidak memerlukan kontrol terlalu ketat. Teknologi semacam ini akan memberikan peluang bagi petani untuk dapat meninggalkan usahtaninya, menyerahkan penanganannya pada orang lain dengan hasil yang memuaskan. Contoh: teknologi yang diterapkan untuk tanaman tebu. Setelah tanam dan pemupukan, petani bisa meninggalkan usahataninya dan diserahkan orang lain untuk mengelola. Dengan demikian petani bisa akan kembali lagi pada saat panen. Jika teknologi yang tersedia justru mengharuskan petani selalu berada di lahan (menunggui), maka manajemen usaha kelompok secara bertahap harus dirubah, yaitu dari manajemen konvensional menjadi kooperatif (cooperative farming) atau menjadi korporasi (corporate farming). Manajemen ini memungkinkan anggota kelompok tidak mengelola penuh usahataninya. Akan lebih manfaat lagi jika teknologi yang tersedia dapat memberikan nilai tambah ekonomi bagi petani.

b.    Manajemen usaha yang dilakukan kelompok
Manajemen yang selama ini dijalani petani harus ditinggalkan, yaitu manajemen yang mengharuskan petani selalu menungggui dan mengerjakan usahataninya sendiri mulai dari hulu sampai hilir. Ada alternatif manajemen usaha yang dapat dilakukan orang lain tanpa mengurangi jumlah dan mutu hasil. Manajemen usaha yang dimaksud adalah manajemen kooperatif dan korporasi. Manajemen korporasi merupakan alternatif karena punya beberapa kelebihan, yaitu:
1.    Pengambilan keputusan usaha harian dapat dilakukan secara cepat, sehingga usahatani tanggap terhadap perubahan pasar dan harga.
2.    Pengelolaan lahan, irigasi, dan teknik budidaya lainnya, dikelola oleh tim manajer dibantu tenaga teknis, teknis lapangan terampil, sehingga pengelolaan efisien.
3.    Mobilisasi sumber daya pertanian (lahan, tenaga kerja dan modal) mudah, karena sumber daya dikelola oleh tim manajer.
4.    Pembagian keuntungan yang dihasilkan dari jenis lahan, tenaga dan modal sebagai saham anggota, berdasarkan perjanjian.

Manajemen seperti ini akan sesuai untuk lingkungan perkotaan (agropilitan) atau masyarakat urban yang mempunyai peluang kerja di sektor jasa dan industri. Kelompok tani yang belum menerapkan manajemen korporsi, secara perlahan-lahan sebaiknya dapat memperbaiki manajemen usahanya dengan lebih fokus pada faktor pengambilan keputusan usaha, pengelolaan sumber daya dan pembagian keuntungan. Manajemen secara bertahap dirubah dari konvensional, ke kooperatif dan akhirnya korporasi. Saat ini masih banyak kelompok tani yang anggotanya merangkap kerja dibidang jasa dan industri, tetapi manjemen yang diterapkan kelompok tani masih konvensional, sehingga hasilnya tidak masksimal.

c.    Metode penyuluhan
Metode penyuluhan juga harus diubah disesuaikan pola manajemen modal yang diterapkan kelompok. Terdapat tiga metode penyuluhan, yaitu pendektan personal, pendekatan kelompok dan pendekatan masal. Pada waktu lalu strategi dititik beratkan [pada pendekatan missal dan kelompok karena pendektan personal terlalu mahal. Dengan penerapn manajemen koperasi maka metode pendekatan penyuluhan difokuskan pada pendekatan personal. Tim mnajer yang hanya terdiri dri beberapa orang merupkan target penyuluhan.kebutuhan materi pelatihan bgi anggot kelompok diganti dengan kebutuhan materi pelatihan bagi tim manajer. Materi pelatihn bagi tim difokuskan pada masalah manajemen , seperti pemasaran, analisis keuangan, pengambilan keputusan, kewirausahaan, dan lain-lain.                                                                               (Nugroho Pangarso, 2006).
Salah satu kesulitan sosialisasi inovasi teknologi antara lain adanya keterbatasan sumber daya petani. Dengan kelompok koperasi, maka teknologi dapat lebih mudah diadopsi. Teknologi yang disosialisasikan bisa mulai dari yang mudah diapliklasikan sampai canggih, karena yang menerapkan teknologi adalah tim manajer, bukan anggota kelompok tani.
Teknologi pertanian organik, teknologi kultur jaringan, dan teknologi persilangan untuk memproduksi benih yang selama ini cukup sulit diajarkan pada kelompok tani, mungkin akan lebih mudah diajarkan pada kelompok dengan manajemen korponasi. Kesulitan utama menerapkan manajemen korporasi bukan pada masalah faktor fisik (lahan, tenaga, modal), tetapi lebih pada faktor psikologi, yaitu ketidakrelaan petani (anggota kelompok) untuk mengakui kelebihan teman petani lain sebagai manajer usaha.
Masih banyak kegiatan dalam program revitalisasi yang harus disempurnakan, antara lain seperti kelembagaan penyuluhan, system penyuluhan dan penyusunan program penyuluhan, tetapi untuk teknologi, manajemen usaha dan metode penyuluhan harus mulai dirintis dari sekarang. Membuat rekayasa dan sinkronisasi ketiga unsur tersebut cukup dilakukan oleh penyuluh yang dapat memotivasi dan diterima di kelompok binaannya.

2.3 Peningkatan Kemampuan Manajemen Usaha Tani
Peningkatan produktifitas komoditi tanaman pangan dilakukan dengan meningkatkan mutu intensifikasi yang dijalankan secara berkelanjutn dan efisien guna meningkatkan daya saing, dengan tetap mengacu kepada kelestarian lingkungan. Peningkatan produktifitas usahatani dilakukan dengan penerapan teknologi maju dan alsin pertanian.
Untuk meningkatkan produksi baik melalui peningkatan produktifitas maupun perluasan areal tanam diperlukan penyebarluasan penerapan teknologi. Teknologi yang diterapkan diarahkan yang bersifat lebih unggul, tepat guna, spesifik lokasi dan berwawasan lingkungan. Teknologi yang disebarluaskan mencakup mulai dari teknologi pra produksi, proses produksi, hingga pasca panen dan pengolahan hasil dengan fokus antara lain: penggunaan varietas unggul bermutu, pemupukan berimbang, efisiensi pemanfatan air, PHT, serta teknologi pengolahan hasil.

Peningkatan Nilai Tambah
Upaya pengembangan usaha yang mampu memberikan nilai tambah bagi petani perlu terus ditingkatkan, sehingga petani dapat memasarkan produknya bukan hanya dalam bentuk makanan mentah akan tetapi dalam bentuk olahan. Untuk itu perlu dilakukan upaya-upaya antara lain:
a.    Penerapan teknologi panen dan pasca panen yang tepat
b.    Penyebarluasan teknologi pengolahan hasil
c.    Pemasyarakatan penerapan standart mutu
d.    Pemanfaatan peluang kredit

Sedangkan pengembangan sarana dan prasarana pertanian tanaman pangan diarahkan untuk menjamin aksesbilitas guna mendukung keberhasilan upaya peningkatan produktifitas, perluasan areal tanam. Termasuk pengolahan dan pemasaran hasil, melalui paya-upaya antara lain sebagai berikut : (1) Peningkatan fasilitas penyediaan dan distribusi sarana produksi dilapangan untuk menciptakan iklim yang kondusif dan berusahatani, (2) Peningkatan efektivitas dan efisiensi koordinasi antar instansi terkait dalam melakukan pengembangan sarana dan prasarana
Untuk pemasaran komoditi usahatani, dikembangkan dengan sistem pemasaran yang efisien dan berorientasi pada kebutuhan konsumen melalui upaya-upaya pengembangan kelembagaan informasi pemasaran, standarisasi dan mutu produk, pengamanan harga, kemitraan usaha, serta promosi pemasaran.



Pengembangan Kelembagaan
Upaya pemberdayaan petani diperlukan pengembangan kelembagaan baik kelembagaan petani maupun pemerintah sebagai berikut :
a)  Pengembangan kelompok tani melalui peningkatan kemampuannya tidak hanya dari aspek budidayanya saja namun juga aspek agribisnis secara keseluruhan dan kemampuan bekerja sama sehingga dapat berkembang menjadi kelompok usaha baik dalam bentuk koperasi maupun unit usaha kecil mandiri dan tumbuh dari bawah.
b)  Peningkatan kualitas SDM, bantuan alat-alat prosessing, penyediaan kredit, dan mengembangkan pola kemitran.
c)  Pengembangan usaha Pelayanan Jasa Alsin (UPJA) dengan memperkuat dan melakukan pembinaan terhadap petugas, manajer, operator, dan petani melalui peningkatan fasilitas perbengkelan, kerjasama dengan swasta, pelayanan kredit dan pelatihan.
d)  Penguatan lembaga pemerintah seperti BPSB, BPTPH, balai benih maupun Brigade proteksi sehingga dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat terutama petani melalui upaya peningkatan profesionalisme terus operasional dan admisnistrasi, serta peningkatan kerja sama antar petugas lapangan dan intansi terkait melalui forum konsultasi dan konsolidasi.

Penyuluhan pertanian sangat diperlukan dalam peningkatan usahatani. Akan tetapi penyuluhan pertanian sebagai ujung tombak pembangunan pertanian akhir-akhir ini terlihat lesu, revitalisasi kelembagaan penyuluhan perlu segera diwujudkan sehigga kinerja penyuluhan dapat bangkit kembali.
Revitalisasi penyuluhan terutama diperlukan dalam hal pemasyarakatan teknologi dan manajemen produksi, serta fasilitas aksesibilitas petani terhadap pasar, permodalan, informasi serta sarana dan prasarana. Untuk itu agar penyuluhan dapat efektif mendukung program pembangunan usahatani diperlukan upaya-upaya koordinasi dan sinkronisasi, sosialisasi program pembangunan usahtani, serta mengisi materi penyuluhan sesuai dengan kebutuhan program pembangunan usahatani.

2.4  Pelaksanaan manajemen usahatani untuk hasil yang maksimal
Dalam suatu manajemen usahatani yang di jalankan agar dapat memperoleh hasil yang maksimal mengingat resiko yang sangat besar dalam bidang pertanian,maka harus memperhatiakan beberapa hal yang sangat penting  dan berkaitan erat dengan pelaksanaan manajemen. Hal tersebut antara lain:
1.    Penerapan Management usaha tani
a.    perencanaan
Perencanaan usahatani disusun berdasarkan pengalaman dan evaluasi faktor-faktor tetap yang menentukan(jumlah uang yang tersedia, Konsumsi atau komersial, jumlah tenaga yang tersedia,tanah dan iklim). Manusia tidak dapat berbuat banyak terhadap tanah dan iklim sehingga langkah dalam pendekatan sebagai berikut :
Ø  Mengklasifikasikan tanah. berapa bagian yg ditanami padi, kedelai, ternak, ikan dan lain lain.
Ø  Menyususun rencana tanaman dengan syarat :
-       Dapat menambah atau mempertahankan kesuburan tanah.
-       Saling mendukung satu sama lain, sehingga dapat memanfaatkan penggunaan alat alat pertanian dan tenaga kerja.
-       Menggunakan tenaga kerja keluarga dengan efesien.
-       Permintaan pasar bagi usahatani yang bertujuan menjual hasilnya kepasar.
-       Perencanaan ternak
ternak dapat mengubah hasil tanaman menjadi makanan berkadar protein tinggi melalui hasilnya yg berupa daging,susu,telur dqn lain lain. Ternak dapat berfungsi sebagai tenaga kerja.
Ø  Perencanaan tenaga kerja dan alat alat pertanian .Pada waktu waktu kapan tenaga kerja dan alat alat pertanian banyak/sering atau kurang diperlukan.Untuk usahatani yg luas,lebih mudah mengkombinasikan tenaga kerja dan alat alat pertanian.
Ø  Perencanaan biaya
Anggaran/ biaya usahatani terdiri dari taksiran pengeluaran total dan taksiran penerimaan total yg disusun untuk jangka waktu pendek atau panjang. Tujuan anggaran/biaya :
-       Memberikan dasar dasar untuk perbaikan usahatani.
-       Berfungsi sebagai peringatan atau penelitian rencana usaha.
-       Perencanaan dituangkan dalam bentuk rencana usaha anggota,rencana usaha kelompok dan rencana usaha bersama.

2.    Pengaturan
Pada umumnya petani telah tahu bagaimana memeperkecil resiko usahataninya yaitu dengan jalan mengusahakan beberapa cabang usaha lebih dari satu macam. Tanaman dan berbagai jenis ternak seperti sapi, unggas dan sebagainya. Hal ini memperbaiki pendapatan musiman dan distribusi tenaga kerja sepanjang tahun. Keuntungan lain adalah perbaikan tanah,pencegahan hama dan penyakit dan sebagainya. Untuk membantu setiap petani dalam rangka pengaturan gunakan langkah langkah sebagai berikut :
a.    Teliti kondisi usaha tani .petani mencatat dimana, bagimana dan kapan tanaman yang        bermacam-macam diusahakan.bagaimana cara cara pengusahaan ternak.
b.    Variasi dalam besarnya laba Mengatur penggunaan sarana produksi dan tenaga kerja.        Beberapa tanaman bersaing dalam dalam penggunaan tenaga kerja dan tempat.          Beberapa tanaman bersifat cocok untuk ditanam bersama sama dan beberapa bersifat untuk ditanam saling menyusul. Pengaturan uang tunai yg digunakan untuk usaha       baik modal sendiri maupun kredit. Hal ini dapat untukmembandingkan keuntungan       dari berbagaimacam kombinasi tanaman.
c.    Perubahan dalam factor factor social ekonomi petani, kelompok tani dan gabungan            kelompok tani dalam pengaturan tenaga kerja memperhatikan kesibukan kesibukan    masyarakat, seperti perbaikan irigasi, drainase, dan sebagainya. Perubahan factor tata    niaga, harga dan lainnya.
d.    Analisa data input output pada cabang usahatani petani/ kelompoktani/ gapoktan     diharuskan mempunyai catatan input output.
e.    Pembagian tugas dalam kelompok/ gabungan kelompok dalam organisasi kelompok/ gapoktan perlu dibuatkan seksi seksi, sekertaris dan bendahara. Seksi           bertugas dalam menjalankan salah satu kegiatan dari kelompok/ gabungan kelompok seperti seksi pemasaran, seksi sarana produksi, seksi simpan pinjam dan lainnya.       Sekretaris bertugas menjalankan fungsi administrasi kelompok dan bendahara          bertugas menjalankan pembukuan keungan kelompok/gapoktan, cara pencatatan administrasi dan pembukuan keuangan dijelaskan dalam bab yang lain.



3.      Pelaksanaan
Petani sebagai manager dalam usahataninya memimpin pelaksanaan kegiatan untuk usahataninya dibantu oleh keluarga dan tenaga kerja dari keluarga. Sebagai seorang manager menggerakkan tenaga memperlancar proses produksi tersebut,sekaligus mencatatnya seluruh pelaksanaan kegiatan usahatani tersebut. Ketua kelompoktani/ gapoktan sebagai manager dalam kelompoknya memimpin pelaksanaan kegiatan usaha kelompok dengan dibantu oleh seluruh pengurus sesuai fungsinya sendiri-sendiri. Sekretaris mencatat kegiatan administrasi dan Bendahara mencatat semua pengeluaran dan pemasukan kelompok.
Dalam proses produksi bisa terjadi penyimpangan atau gangguan seperti serangan hama/penyakit,maka perlu dilakukan pertemuan kelompok/ gapoktan untuk bersama sama menanggulanginya. Dalam pengambilan keputusan pilihan yang dipilih adalah alternative yang dapat memberikan keuntungan yang paling menyenangkan sesuai dengan input yang tersedia serta kemungkinan resiko yg timbul akibat pilihan tadi. Jadi sekali keputusan diambil,maka pilihan tadi harus dilaksanakan dan sudah harus siap dengan resiko yang timbul. Dengan dasar pengalaman masa lalu,maka keputusan yang diambil diharapkan akan membuahkan keberuntungan.

4.      Pengawasan
Pengawasan diperlukan dalam melihat apakah dari rencana yg telah dilaksanakan tersebut dapat memenuhi sasaran sasaran yang telah dibuat atau belum. Apakah teerjadi penyimpangan,mengapa terjadi penyimpangan tersebut, apakah ada faktor-faktor yang tidak dapat dikontrol dalam proses produksi. Di dalam control perlu diciptakan system control yang tetap, ajeg terhadap rencana yg dilaksanakan serta terus dilaksanakan pemantauan tehadap kegiatan usaha tani. Hasil juga harus diukur apakah sesuai dengan yang direncanakan.
Dengan cara ini maka dalam system manajemen yang benar selalu ada umpan balik dari control kearah rencana yg telah dipilih berdasarkan informasi informasi baru. Pencatatan data dalam suatu pembukuaan adalah salah satu system control yg perlu dilaksanakan untuk dipakai sebagaai umpan balik yg berkesinambungan tanpa data,suatu bisnis dapat diibaratkan seperti kapal tanpa kompas. Keempat fungsi manajemen harus dilaksanakan agar usahatani dapat berhasil dengaan baik.

2.5  Faktor Sosial Dan Komunikasi Petani Dalam Berusahatani
Di dalam klasifikasi usahatani, ada pembagian kategori berdasarkan pola usahatani, tipe usahatani, struktur usahatani, bentuk usahatani dan corak usahatani. Dalam modul ini, akan ditekankan pada corak usahataninya karena sangat erat hubungannya dengan faktor dan peran sosial yang dihadapi oleh seorang petani. Corak usahatani diukur berdasarkan kriteria antara lain :
a.    Nilai umum (sikap dan motivasi),
b.    Tujuan produksi,
c.    Pengambilan keputusan,
d.    Tingkat teknologi serta derajat komersialisasi dari produksi dan input usahataninya,
e.    Proporsi penggunaan faktor produksi dan tingkat keuntungan,
f.     Pendayagunaan lembaga,
g.    Tersedianya sumber yang sudah digunakan dalam usahatani serta tingkat dan keadaan sumbangan pertanian dalam keseluruhan tingkat ekonomi.
Salah satu variabel utama dalam sistem usahatani adalah pengambilan keputusan di dalam rumah tangga petani tentang corak usahatani, bagaimana petani memilih kombinasi pembudidayaan tanaman dengan ternak, teknik dan strategi apa yang harus diterapkan. Dalam pengambilan keputusan di dalam berusahatai, petani tidak sendiri, petani butuh seseorang baik sesama petani ataupun penyuluh bahkan referensi kelompok untuk menetapkan pilihan. Petani juga makhluk sosial, sehingga petani perlu berinteraksi sosial, untuk mendapatkan pengetahuan dan tambahan ketrampilan. Dengan  interaksi sosial, maka berlangsunglah proses sosialisasi. Sosialisasi adalah proses interaksi sosial melalui bagaimana kita berfikir, berperasaan dan berperilaku sehingga dapat berperan serta secara efektif dalam masyarakat. Proses interaksi sosial memerlukan komunikasi baik itu lisan maupun tertulis.
Komunikasi juga merupakan proses, bisa proses komunikasi primer yaitu secara langsung tanpa bantuan alat, dengan bahasa, gerakan yang diberi arti khusus, aba-aba, dan sebagainya, bisa proses komunikasi sekunder, berlaku dengan menggunakan alat agar dapat melipatgandakan jumlah penerima pesan / amanat, yang berarti pula mengatasi hambatan-hambatan geografis (lewat radio, televisi) serta hambatan waktu (lewat buku, telepon, radio). Suatu jaringan komunikasi baik tradisional maupun modern sangatlah penting di tingkat petani berkaitan dengan aktifitas berusahataninya secara pribadi, kelompok maupun komunikasi sosial budaya.
Sebelum proses sosialisasi terjadi di masyarakat pertanian, interaksi sosial akan terlebih dahulu terjadi di keluarga tani tersebut. Dengan berbagai topik, keluarga, ekonomi, kegiatan usahatani, tetangga, dan lain-lain. Selain keluarga dan masyarakat tani, petani berinteraksi juga dengan kelembagaan baik itu formal maupun non formal, dengan tujuan yang berkaitan dengan peningkatan sosial ekonomi keluarga petani.



BAB III
PEMBAHASAN
(Manajemen Usahatani Padi)


3.1.Varietas Dan Kebutuhan Benin
Pergiliran varietas harus dilaksanakan guna memperpanjang sifat ketahanan suatu varietas atas serangan hama dan penyakit tertentu. Hama dan penyakit utama seperti wereng coklat, virus tungro, bakteri hawar daun atau kresek ( Xanthomonas capetris sp ) dan bias ( Pyricularia oryzae) dikendalikan dengan penerapan pergiliran varietas. Beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan dalam memilih varietas di wilayah hamparan tertentu :
a.   Varietas umur sedang 120 hari - 130 hari, agar tidak mengganggu pola tanam.
b.   Benih bermutu baik dengan daya tumbuh > 90"/>, campuran varietas lain (cvl) kurang dari 1%. Benih berasal dari produsen yang dapat dipercaya.
c.   Kebutuhan benih 30 - 35 kg/ha untuk cara pindah dan jajar legowo 35 - 40 kg/ha.
d.   Di daerah endemis serangan penyakit tungro dapat dipilih varietas Memberamo, IR-66, dan IR-74.
e.   Di daerah endemis serangan wereng coklat dapat dipilih varietas : Memberamo, Digul, Barumun, Way Apo Buru, Widas dan Ketonggo (ketan).
f.    Di daerah endemis penyakit hawar daun bakteri dianjurkan menggunakan varietas : Way Apo Buru, Krueng Aceh, Memberamo, Cilosari, Cibodas, Maros dan Widas.
g.   Memberamo lebih sesuai ditanam pada musim hujan II (MH II) atau musim gadu (MK I). Bila terpaksa ditanam pada musim hujan, dosis N yang dianjurkan adalah 200 kg Urea dengan pengairan berkala atau terputus-putus.
h.   Untuk daerah yang tidak terjadi masalah serangan hama dan penyakit varietas yang dipilih : IR-64, Way Apo Buru dan Widas pada MH, pada MK71 varietas Memberamo, Widas/Way Apo Buru.
i.    Sawah tadah hujan dapat ditanam varietas Grata, Way Rarem, Towuti, IR-64 dan IR-36.

3.2. Pesemaian Dan Bibit
Yang harus diperhatikan dalam membuat pesemaian agar diperoleh bibit yang sehat/kuat antara lain yaitu:
a)    Untuk setiap 1 hektar pertanaman padi, area pesemaian yang disiapkan seluas 5% (1/20-nya).
b)    Pesemaian dibuat pada area yang mudah di airi, dan tidak di area bekas serangan tungro dan penggerek batang.
c)    Hindarkan pembuatan pesemaian dekat lampu agar tidak menarik hama wereng dan penggerek batang.
d)    Benih di rendam selama 24 jam dan diperam selama 24 jam.
e)    Untuk daerah endemis serangan wereng coklat, benih sebaiknya diperlakukan dengan cara dicampur dulu dengan insektisida fipronil sebelum disemaikan.
f)     Pemupukan pesemaian dengan 10 kg Urea + 5 kg SP-36 + KCi 3 kg setiap 500 m2 diberikan 5 hari setelah tabur benih.
g)    Untuk mencegah serangan wereng coklat, benih dicampur dulu dengan insektisida fipronil (Regent 50 SC).
h)    Pencegahan serangan penggerek batang dan tungro, pesemaian disemprot dengan penaburan insektisida karbofuran 20 gr/10 m2 atau insektisida lain bila dijumpai serangga penular.
i)      Bibit dipindahkan pada umur 25 - 28 hari.
j)      Penanaman pada lahan yang P" > 6,5 atau diperkirakan kahat Zn, bibit sebelum ditanam supaya dicelup dalam larutan 2% Zn S04 selama 2 menit.
k)    Bibit yang menunjukkan gejala penyakit tungro (warna daun kuning kemerahan dan kaku) atau adanya gejala ganjur tidak ditanam.

3.3. Pengolahan Lahan
Pengolahan tanah dimaksudkan untuk mendapatkan media tumbuh yang baik bagi tanaman, dan juga berfungsi sebagai tindakan pengendalian gulma. Anjuran pengolahan tanah sebagai berikut:
a)    Dianjukan menambah 2-5 ton/ha bahan organik (pupuk kandang / kompos ) diberikan sebelum pengolahan tanah I, terutama pada tanah yang kadar bahan organiknya rendah.
b)    Tanah berat dibajak dua kali, arah bajakan membentuk garis silang tegak lurus, kedalaman bajak 15 - 20 cm. Tanah ringan pembajakan dilakukan satu kali dan digaru satu kali pada kedalaman sekitar 25 cm.
c)    Untuk melumpurkan dan meratakan tanah, tanah dirotari dan di "gelebek" satu atau dua kali. Bila tidak terdapat rotari bisa dicangkul atau dilakukan penggaruan.
d)    Gulma dan sisa tanaman diambil dan disingkirkan dari petakan sawah.
e)    Untuk keserempakan saat tanam, waktu yang diperlukan saat pengolahan tanah pertama hingga lahan siap tanam sekitar 2 minggu.

3.4. Penanaman
Penanaman dapat dilakukan dengan sistem pindah biasa atau JAJAR LEGOWO
a)    Saat tanam diupayakan seserempak mungkin, dalam suatu hamparan seluas + 50 ha diusahakan selesai sekitar 10 hari.
b)    Pembuatan jarak tanam dilakukan dengan menggunakan garetan atau "blak" yang telah ditentukan jarak tanamnya.
c)    Jarak tanam :
- Tapi biasa : 18cm x 18cm ; 20cm x 18cm ; 20cm x 20cm, 2-3 bibit/rumpus.
- Jajar legowo : 40 cm x ( 20 cm x 10 cm ), jarak antar barisan berselang
-seling 40cm dan 20cm, jarak dalam barisan l0cm, 2-3 bibit/ rumpus.

3.5. Penyiangan
a)    Penyiangan secara manual atau menggunakan "osrok"/ landak.
b)    Penyiangan dapat dilakukan secara kombinasi dengan herbisida dan tangan, dengan teknik sebagai berikut:
ü  Penyemprotan herbisida purna tumbuh pada umur±15 hari, dosis 2 – 3 It/ha atau menurut petunjuk. Contoh herbisida Saturn-D, Ally, Rumpass, Agroxon, Ronstar dll.
ü  Penyiangan pada umur _+ 30 hari bisa menggunakan tangan atau "osrok".

3.6. Pemupukan
a)    Dosis pupuk Urea 250-300 kg/ha, diberikan 2 kali umur 1/2 dosis pada 8-14 hari setelah tanam (HST) dan ½ dosis pada saat primordia (45 hst). Pada tanah porus Urea diberikan tiga kali yaitu pada umur ± 15 hst, + 28 hst dan 42 hst, masing-masing 1/3 dosis Urea.
b)    Dosis pupuk P dan K ditentukan berdasarkan hasil analisa tanah yaitu dosis SP-36 50-100 kg dan KCI 50-75 kg/ha.
c)    Saat ini di pasar bebas telah beredar pupuk alternatif, selain pupuk standar seperti Urea, SP-36 dan KCI.
d)    Lebih jelasnya dosis pemupukan N, P dan K maupun pupuk alternatif tanaman padi dapat di konsultasikan dengan PPL/BPP setempat.

3.7. Pengairan
a)    Usahakan pengelolaan air seefisien mungkin, agar penggunaan air lebih hemat sehingga areal yang diairi lebih luas.
b)    Sistem pengairan terputus (diairi 4-6 hari sekali) memberikan hasil yang sama dengan pengairan tergenang terus menerus dan dapat menekan populasi hama dan penyakit.

3.8. Pengendalian Hama Dan Penyakit
Pengendalian hama dan penyakit utama tanaman padi seperti tikus, wereng, penggerek batang dan penyakit tungro, sbb:
a. Pengendalian tikus
1.   Pengendalian tikus dengan bubu dilakukan seawal mungkin, yaitu pada saat pengolahan tanah sampai panen. Pemasangan bubu dipesemaian maupun dipertanaman merupakan salah satu cara menekan populasi tikus.
2.   Pengendalian dengan racun tikus, terdapat dua macam racun yaitu racun akut ( sangat beracun, membunuh tikus dengan cepat3.
3.   Pengumpanan dengan racun akut efektif dilakukan pada saat bera menjelang musim hujan, pada saat itu sumber makanan tidak tersedia.
4.   Saat pertumbuhan vegetatif umpan diletakkan di pematang dengan jarak ± 50 m antar lokasi umpan.
5.   Pada fase bunting, umpan diletakkan pada petak sawah sejauh satu meter dari pematang.
6.   Saat padi berbunga hingga panen, tikus sedang bunting atau beranak, pengemposan dengan asap belerang atau karbit merupakan cara yang efektif. Pemasangan umpan pada fase ini tidak efektif, karena sumber makanan melimpah.
b. Pengendalian Werenf Coklat
1.   Tanam serempak, selang waktu tanam dalam satu hamparan tidak lebih dari 3 minggu.
2.   Laksanakan pergiliran varietas.
3.   Setiap varietas jangan ditanam lebih dari 2 kali berturut-turut dalam setahunnya, selingi dengan palawija.
4.   Pembuatan pesemaian dan penyediaan bibit sehat.
5.   Hindarkan pemupukan N (Urea) berlebihan. Pupuk. K (KCI) dapat mengurangi keparahan akibat serangan hama wereng.
6.   Pada tanaman terserang, keringkan petakan 3 - 4 hari. Segera setelah panen tunggul jerami di bakar dan di bajak.
7.   Apabila dalam pengamatan ditemukan lebih dari 5 ekor wereng saat tanaman berumur kurang 40 hari, dan lebih dari 20 ekor wereng pada tanaman berumur lebih dari 40 hari. Tanaman disemprot dengan insektisida seperti Applaud, Regent 50 SC, Confidor 5 WP, atau Winder 25 WP.
c. Penyakit Tungro
1.   Segera setelah panen tanah dibajak agar singgan tidak tumbuh. Tanam seawal mungkin secara serempak.
2.   Pergiliran tanaman padi - padi - palawija.
3.   Gunakan varietas tahan tungro seperti Mamberamo, IR-66, dan IR-74.
4.   Mencabut tanaman yang terserang.
5.   Pengendalian secara kimiawi dilakukan sejak di pesemaian dengan insektisida karbofuran (Furadan, Curater dll), atau dengan Confidor 5 WP.
d. Penggerek Batang.
1.   Sampai saat ini tidak ada varietas padi yang tahan terhadap penggerek batang. Lakukan tanam serempak.
2.   Memotong jerami serendah mungkin dan di bakar.
3.   Hindarkan pemupukan N yang berlebihan, pupuk K dapat mengurangi keparahan akibat serangan penggerek batang.
4.   Segera setelah panen tunggul jerami dibakar dan dibajak.

3.9. Pasca Panen dan Penjualan Hasil
Penanganan pasca panen seperti cara perontokan, cara dan alat pengeringan masih dilaksanakan secara konvesional, perontokan 60 – 100 persen secara manual (digebot), pengeringan 20-60 persen pada lantai bata merah. Sehingga diduga kehilangan produksi yang terjadi relatif masih tinggi. Perlakuan tersebut juga terkait erat dengan sistim penjualan hasil, pada lokasi contoh sebagian besar kelompok tani contoh menjual gabahnya dalam bentuk Gabah Kering Panen (GKP)(93-100 persen). Juga penjualan gabah dilakukan kepada tengkulak (67-100 persen), kecuali pada petani bukan kelompok ada 6,6 persen yang menjual gabah kepada KUD, itupun dalam jumlah yang sangat sedikit. Bahkan sekitar 10 persen dari petani yang diteliti melakukan sistim penjualan hasil dengan cara ”tebasan”, salah satu pertimbangan mereka adalah untuk menghemat biaya panen (bawon) yang bisa mencapai antara 8-12 persen dari total nilai produksi.
Pada petani bukan kelompok masih terdapat petani yang menyimpan di gudang gabah khusus (13,3 persen), dan yang menyimpan dalam karung relatif lebih tinggi dibanding dua kelompok lainnya (40 persen). Hal ini di samping karena lokasi kelompok ini lebih jauh dari aksesibilitas jalan (remote), sehingga penawaran gabah para pedagang terhadap petani relatif lebih rendah, karena pedagang harus memperhitungkan biaya angkut, sehingga petani pada kelompok ini lebih senang menyimpan gabah dan hal ini sudah terbiasa sejak lama, juga pola pikir petani untuk selalu ingin menjual gabah lebih sedikit dibanding dengan dua kelompok yang sudah lebih maju.

a.    Analisis Produktivitas
Analisis produktivitas usahatani padi dari dilakukan dengan menggunakan 2 (dua) pendekatan, yaitu produktivitas parsial (produksi per hektar) dan produktivitas faktor total dengan ukuran angka indeks TFP (Total Factor Productivity). Produktifitas total faktor produksi adalah ukuran kemampuan seluruh jenis faktor produksi sebagai satu kesatuan faktor produksi agregat dalam menghasilkan output secara keseluruhan (output agregat) ( Chamber, 1988).
Dalam membandingkan produktivitas total faktor produksi dasar pembandinya adalah adalah usahatani padi yang menerapkan pertanian konvensional. Dalam studi TFP empiris, formula yang sering digunakan untuk membandingkan produktivitas faktor total (PFT) digunakan indeks Fisher dengan menggunakan Program TFPIP Versi 1.0.

b.    Analisis Pendapatan
Pendapatan usahatani adalah selisih antara total penerimaan (Total Revenue) dengan biaya yang benar-benar dibayarkan. Guna mengetahui pendapatan usahatani padi digunakan rumus matematis sebagai berikut :

BAB IV
PENUTUP


4.1 Kesimpulan
Untuk menjamin kondisi yang kondusif bagi petani dalam melakukan usahatani, maka pemerintah perlu terus memantau terhadap spekulasi-spekulasi yang dapat mengganggu sistem usahatani padi, baik yang menyangkut ketersediaan sarana produksi (pupuk, benih, pestisida) maupun pasar output dan menegakan supremasi hukun dengan tegas kepada setiap pihak yang mencoba melakukan instabilitas sistem tersebut.
Jaminan pemasaran hasil-hasil pertanian, tampaknya suatu kondisi yang sangat diharapkan oleh petani. Oleh karena itu kebijaksanaan pemerintah yang lebih bijaksana terhadap komoditi pertanian masih tetap diperlukan. Kebijaksanaan tidak saja hanya menjamin harga dan pemasaran, tetapi juga mengkondisikan agar sistem agribisnis pertanian menjadi kondusif, baik sejak jaminan ketersediaan faktor input seperti pupuk, pestisida, benih, pasar output, alat pertanian dll.

4.2 Saran

Motivasi Terhadap Program Intensfikasi
Hampir semua petani (100 persen) menyatakan bahwa urutan pertama sumber pengetahuan petani adalah dari petugas penyuluhan (PPL) dan urutan kedua adalah dari sesama petani (60-93 persen) dan urutan ketiga adalah pengikuti program pemerintah (60-80 persen). Dengan demikian dapat diartikan bahwa betapa masih diperlukannya adanya kehadiran penyuluh bagi peningkatan penyuluhan pertanian di pedesaan. Namun yang perlu dipertanyakan sejauh mana efektivitas penyampaian inovasi dapat diadopsi oleh petani. Dari informasi yang diperoleh dari para penyuluh, bahwa pada saat ini yang bersamaan dengan era reformasi petani lebih memiliki kebebasan untuk memilih dan mengevaluasi materi yang disuluhkan. Tetapi dengan adanya pernyataan bahwa sumber pengetahuan itu berasal dari sesama petani, berati proses meniru setelah memiliki keyaninan dari inovasi yang disuluhkan masih melekat pada diri petani. Oleh karena itu metoda penyuluhan dengan media ”demfarm” tampaknya diperlukan kembali.

Peranan Institusi Penunjang
Menginformasikan bahwa lembaga penunjang yang masih dirasakan menunjang bagi petani adalah lebaga finansial kredit yaitu BRI, walaupun hanya menyatakan sebagian petani 13-40 persen sebagai sumber kredit pertanian, dan 20 persen sebagai sumber kredit non pertanian. Sedangkan KUD hanya bisa dirasakan oleh petani dalam kegiatan pengadaan saprotan (6-50 persen), padahal harapan KUD hendaknya mampu membeli produksi dengan harga yang menjamin keuntungan.




DAFTAR PUSTAKA

Anonymous, 2012.Manajemen usahatani (http://ekonomi.kompasiana.com/ manajemen/2012/01/11/unsur-unsur-manajemen-usaha-tani/) diakses tgl. 30 september 2012.
Anonymous, 2012. Permasalahan SBM Tenaga kerja usahatani. (Online), (http://www.tabanankab.go.id/potensi-daerah/pertanian/362-permasalahan-dan-langkah-pemecahan-dalam-bidang-pertanian), diakses tgl 30 september 2012.
Anonymous,2012. Pengembangan SDM dalam pertanian (Online), (http://www.pelitakarawang.com/2010/07/pengembangan-sdm-pertanian-dalam.html), diakses tgl. 27 september 2012.
Anonymouse. Manjemen Usahatani. (Online),(http://www.go.id/ditsentp/kebijakan/ fokus-kebijakan.htm), diakses tgl. 01 Oktober 2012.
Shinta, A. 2012. Ilmu Usahatani. Malang : Universitas Brawijaya.
Soekartawi, 1995. Analisis Usahatani. Penerbit Universitas Indonesia. Jakarta.
Suratiyah, K., 2002. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Cimanggis-Depok. Indonesia.

FAHMI

3 comments:

  1. Butuh alat pertanian seperti arit cangkul, dll, hubungi kami

    ReplyDelete
  2. AYO SEMUA BERMAIN DI TOGEL PELANGI JANGAN LEWATKAN PROMO MENARIK DARI KAMI

    HUBUNGI KONTAK KAMI :
    BBM : D8E23B5C
    WHAT APPS : +85581569708
    LINE : togelpelangi
    WE CHAT : togelpelangi
    LIVE CHAT 24 JAM : WWW-ANGKAPELANGI-NET

    SALAM JACKPOT DARI KAMI :)

    ReplyDelete

Instagram