Lahan Kering


MAKALAH
“Pengelolaan pada Lahan Kering”

Disusun untuk melengkapi tugas Menejemen Agroekosistem




Oleh:
Muhammad Guruh Arif Zulfahmi              (105040201111091)


Program Studi Agroekoteknologi
Fakultas Pertanian
Universitas Brawijaya
Malang
2012

I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
kebijakan sentralistik program pembangunan pertanian pada padi sawah selama periode 1969 -1997 (Pelita I-VI), menyebabkan usahatani lahan kering kurang mendapat perhatian. Sementara itu, proyek-proyek pembangunan pertanian lahan kering telah banyak dilaksanakan tetapi tidak menunjukkan hasil yang menggembirakan, dimana penyebabnya antara lain adalah tidak berkembangnya kemandirian masyarakat dan pembinaan yang tidak berkesinambungan. Hal ini menyebabkan sistem usahatani lahan kering semakin tertinggal, terutama di Daerah Aliran Sungai (DAS) bagian hulu. Ketimpanganpengelolaan dan penanganan permasalahan lahan kering antara lain mencakup: 1) Input usahatani konservasi terbatas sehingga memicu degradasi lahan dan menyebabkan produktivitas rendah, 2) Pengelolaan lahan yang tidak dilandasi pengetahuan tentang kesesuaian dan kemampuannya, dan 3) Pertambahan jumlah penduduk sehingga mendorong petani untuk mengusahakan lahan kering berlereng di DAS hulu yang rentan terhadap erosi.Pengelolaan lahan kering perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pangan penduduk yang jumlahnya semakin meningkat sekaligus mendukung pemantapan ketahanan pangan. Makalah ini akan membahas teknologi dan kebijakan yang perlu dilaksanakan pada pengelolaan lahan kering untuk memantapkan swasembada pangan nasional.















II. PEMBAHASAN
2.1 Diskripsi Tanah Kering
Tanah  dapat  didefinisikan sebagai material  mineral   yang tidak  padu  yang  berada di permukaan bumi  dan  yang  berfungsi sebagai medium alami bagi pertumbuhan tanaman darat. Akan tetapi kalau praktek pengelolaan tanah dilibatkan dan dengan demikian  dipengaruhi  oleh faktor gentik dan  lingkungan,  maka akan banyak terjadi modifikasi pada tanah.  Efek-efek  modifikasi terhadap  lengas tanah, temperatur, oksigen, aspek-aspek  kimiawi dan  kekurangan  atau keracunan hara dapat  muncul  dan  terlibat dengan  interaksi-interaksi  yang terjadi  di  antara  parameter-parameter ini.  Selain hal-hal tersebut, uraian berikut ini  akan dibatasi  pada modifikasi zone perakaran terutama yang  berkaitan dengan penyembuhan kekurangan (stress) unsur hara.
Sistem pengolahan tanah seringkali memodifikasi zone perakaran secara nyata.  Operasi pengolahan tanah ini dilakukan karena beberapa alasan seperti untuk menggemburkan tanah sehingga  memudahkan penetrasi akar, mengubur residu tanaman sebelumnya, menyediakan  lingkungan yang sesuai bagi benih,  mengendalikan  gulma. 

FAHMI

2 comments:

  1. Saya tidak bisa cukup berterima kasih kepada layanan pendanaan lemeridian dan membuat orang tahu betapa bersyukurnya saya atas semua bantuan yang telah Anda dan staf tim Anda berikan dan saya berharap untuk merekomendasikan teman dan keluarga jika mereka membutuhkan saran atau bantuan keuangan @ 1,9% Tarif untuk Pinjaman Bisnis. Hubungi Via:. lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.com. WhatsApp ... + 19893943740. Terus bekerja dengan baik.
    Terima kasih, Busarakham.

    ReplyDelete

Instagram