Wereng Hiau

 Diskripsi Nephotettix virescens
Biologi Nephotettix virescens
            Wereng hijau, Nephotettix virescens Distant adalah anggota familia Cicdellidae ordo Hemiptera yang hidup di pertanaman padi, namun tidak menjadi hama penting tanaman padi. Peran penting N. virescens di Indonesia saat ini adalah sebagai vektor virus tungro padi (Hibino dan Cabauatan, 1986; Siwi,1992, Widiarta dan Nakasuji, 1992). Di antara vektor virus tungro yang ada di Indonesia, N. virescens adalah vektor terpenting, karena paling efektif menularkan virus tungro dan populasinya dominan di antara vektor lain (Himawati dan Supriyadi, 2003; Supriyadi et al., 2004). Efektivitas N. virescens asal populasi wilayah endemi dalam menularkan virus tungro mencapai 81%, sedangkan asal wilayah nonendemi 52 % (Supriyadi et al., 2004 dan Supriyadi et al., 2008 ).
Morfologi dan fisiologi Nephotettix virescens
Ukuran panjang tubuh, panjang sayap, panjang tungkai, panjang stylet, dan lebar kepala N. virescens jantan dan betina penular aktif dan bukan penular aktif tidak menunjukkan perbedaan nyata pada aras ketelitian 5%. N. virescens penular aktif tidak memiliki ukuran morfologi spesifik berkaitan dengan kemampuannya menularkan virus tungro. Individu N. virescens penular aktif tidak memiliki ukuran morfologi luar yang berbeda dengan individu bukan penular aktif.
Pita protein dengan berat molekul 173, 134, dan 68 kDa muncul pada N. virescens penular aktif. Ketiga protein tersebut juga muncul sangat tebal. Artinya, protein tersebut memiliki kandungan atau kuantitas protein yang tinggi. Protein tersebut juga tidak muncul pada N. virescens yang belum terpapar virus tungro padi, sehingga hal tersebut memperkuat dugaan ada hubungan antara kemampuan menularkan virus tungro virus tungro dari N. virescens tersebut Protein tersebut diduga tidak diekspresikan secara terus menerus (bukan protein constitutive). Hal ini ditunjukkan oleh kandungan protein yang bervariasi sangat tinggi (pita tebal), rendah, bahkan ada yang tidak terdeteksi.
Protein dengan berat molekul 173, 134, dan 68 kDa tersebut tidak pernah muncul pada N. virescens yang belum makan akuisisi pada tanaman padi bergejala tungro, sehingga keberadaannya berkaitan dengan N. virescens penular aktif yang telah berinteraksi dengan virus tungro. Meskipun demikian, protein tersebut belum dapat dinyatakan sebagai komponen helper. Hasil identifikasi komponen N. virescens penular aktif oleh Supyani (1998) memiliki berat molekul 15, 18, 23, 36, dan 45 kDa.
Potensi Nephotettix virescens sebagai Vektor
Menurut Hibino dan Cabauatan (1987), proses penularan virus tungro oleh N. virescens, melibatkan senyawa kimia komponen pembantu (helper component) yang berperan mengikat partikel virus. Kemampuan vektor dalam menularkan virus tungro bersifat individual, sehingga tidak semua anggota dalam populasi mernjadi vektor yang kompeten (Gray dan Banerjee, 1999) Jauh sebelumnya, Ling (1972) menyatakan, bahwa di antara anggota populasi N. virescens terdapat kelompok individu penular aktif (active transmitters) dan individu bukan penular (nontransmitters). Penular aktif adalah individu yang dapat menularkan virus setelah makan akuisisi.

Individu penular aktif diduga memiliki karakter berbeda dengan individu bukan penular, namun perbedaan tersebut masih belum diketahui. Karakterisasi N. virescens penular aktif belum tentu cukup menggunakan sifat morfologi. Upaya memahami kasus-kasus keragaman populasi sering memerlukan studi lebih dalam pada aras molekular. Hal tersebut disebabkan, ekspresi gen tidak selalu dalam wujud morfologi, namun dapat berupa karakter fisiologi. Perubahan dalam karakter fisiologi hanya mempengaruhi sistem kinerja sel (Brooker, 1999), sehingga tidak dapat dideteksi pada aras morfologi.

FAHMI

1 comment:

  1. Untuk Anda semua para penggemar betting online di seluruh Indonesia
    Kami ZEUSBOLA mengajak Anda semua untuk gabung bersama kami
    Hanya dengan 1 UserID Anda sudah bisa bermain semua permainan
    (SPORTBOOK, LIVECASINO, POKER, SLOTGAME, DLL)

    Promo-promo Bonus menarik yang kami sediakan untuk Anda :
    - BONUS NEW MEMBER 15%
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 10%
    - BONUS CASHBACK 15% + ROLLINGAN 0.6%
    - BONUS EXTRA FREECHIP !!

    Kami memiliki nilai plus seperti :
    - Minimal DEPOSIT WITHDRAW VIA ATM dan OVO Rp. 50.000,-
    - Minimal DEPOSIT VIA PULSA Rp. 25.000,-
    - Proses DEPOSIT & WITHDRAW hanya butuh waktu 2 - 3 menit saja
    - Pelayanan CS yang PROFESIONAL, RAMAH dan SOPAN siap melayani Anda 24 jam 7 hari NONSTOP !!
    - Semua data & privacy member di Jamin AMAN !!


    UNTUK LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :Zeusbola
    LINE : zeusbola
    INSTAGRAM :zeusbola.official


    ReplyDelete

Instagram