“Pengetahuan Produk dan Keterlibatan Konsumen”
TUGAS PAPER MODUL 4
Tugas kegiatan belajar
1.
Deskripsikan salah satu produk yang biasa anda gunakan berdasarkan tingkatan
pengetahuan produk !
Pengetahuan produk adalah kumpulan berbagai
macam informasi mengenai produk. Pengetahuan ini meliputi kategori produk,
merek, terminology produk, fitur produk, harga produk dan kepercayaan konsumen
terhadap produk. Konsumen memiliki tingkatan pengetahuan produk yang berbeda
yang dapat dipergunakan untuk menerjemahkan informasi baru dan membuat pilihan
pembelian. Tingkatan pengetahuan produk dibentuk ketika seseorang
mengkombinasikan beberapa konsep arti ke dalam kategori pengetahuan yang lebih
besar dan lebih abstrak. Konsumen dapat memiliki tiga jenis pengetahuan produk
yaitu : (1) pengetahuan tentang ciri/ karakter produk/atribut produk (2)
pengetahuan tentang konsekuensi/manfaat produk (3) pengetahuan tentang nilai
yang akan dipuaskan atau dicapai oleh produk.
Contoh pada kaos T-shirt VOLCOM
T-shirt VOLCOM mempunyai perangkat ciri
yaitu bahan dari katun pilihan yang dibuat asli di Amerika, bentuk T-shirt yang
pas dengan tubuh, harga yang cukup terjangkau untuk barang import sekitar
250.000 rupiah. Desain dan model gambar sablon yang sangat menarik dan memiliki
spesifikasi yang hanya dimiliki oleh merk VOLCOM.
Perangkat manfaat dari T-Shirt VOLCOM
antara lain adalah tahan lama dan warna yang tidak mudah pudar walaupun sudah
lama dipakai karena terbuat dari bahan pilihan. Membuat tubuh merasa nyaman
karena mampu menyerap keringat dan menguapkannya dengan cepat. Tidak membuat
rasa gatal pada tubuh karena memiliki teknologi anti bacteria pada bahannya.
Sedangkan perangkat kepuasan dari T-
Shirt VOLCOM adalah menambah kepercayaan diri pengguna karena merk VOLCOM
mempunyai desain yang menarik dan merupakan barang import. Membuat tubuh segar
karena keringat dan bakteri berkurang.
2.
Jelaskan secara rinci produk yang anda gunakan ( soal 1) dengan menggunakan
rantai arti-akhir.
CIRI
|
KONSEKUENSI
|
NILAI
|
Ciri
nyata
|
Ciri
abstrak
|
Konsekuensi
fungsional
|
Konsekuensi
psikososial
|
Nilai
instrumen
|
Nilai
terminal
|
I.
Ciri nyata yaitu
perwakilan kognitif karakteristik fisik produk, dapat langsung diterima dan
nyata. Contohnya adalah harga dan bahan katun dari T- Shirt VOLCOM.
II.
Ciri abstrak yaitu
abstrak yang mewakili beberapa ciri nyata lainnya, subjektif dan tidak dapat
diukur langsung. Contohnya adalah T-Shirt VOLCOM merupakan barang import.
III.
Konsekuensi fungsional yaitu
konsekuensi nyata dan langsung dari penggunaan produk. Contohnya adalah T-Shirt
VOLCOM nyaman digunakan karena menyerap keringat dan anti bacteria
IV.
Konsekuensi psikososial
yaitu konsekuensi psikologis dan social atau bagaimana orang lain memandang
saya dari penggunaan produk. Contohnya orang memandang saya berbeda dan membuat
lebih percaya diri di tempat umum karena menggunakan T-Shirt VOLCOM.
V.
Nilai instrumental
yaitu model perilaku yang diinginkan atau konsekuensi penggunaan produk yang
abstrak. Contohnya menjadi pusat perhatian karena T-Shirt VOLCOM memiliki warna
dan desain yang menarik.
VI.
Nilai terminal yaitu
status akhir yang diinginkan atau konsekuensi penggunaan produk yang sangat
abstrak. Contohnya adalah harga diri karena pengguna T-shirt VOLCOM merupakan
cerminan dari mode fashion jaman sekarang.
3. Jelaskan pula hubungan
produk yang anda uraikan diatas dengan strategi pemasaran yang perlu
dikembangkan.
Hubungan
produk T-shirt VOLCOM memiliki keterlibatan konsumen yang tinggi dan
pengetahuan produk yang tinggi. Keterlibatan konsumen tinggi karena T-Shirt
VOLCOM memiliki konsekuensi relevan yang sangat dirasakan seperti tanggapan
pengaruh yang lebih kuat layaknya emosi. Keterlibatan adalah status motivasi
yang menggerakkan serta mengarahkan proses kognitif dan perilaku pada saat
mereka membuat keputusan. Pengetahuan produk yang tinggi diakarenakan
pengetahuan tentang kategori, merek, fitur, harga dan kepercayaan konsumen akan
T-Shirt VOLCOM juga tinggi. Hal tersebut dikarenakan VOLCOM adalah T-Shirt yang
telah dikenal di seluruh dunia. Hampir seluruh Negara di dunia ini mengimpor
T-Shirt VOLCOM dari Amerika.
Strategi pemasaran yang perlu
dikembangkan adalah membuat T-Shirt VOLCOM dengan label limited edition atau
T-Shirt dengan desain khusus yang hanya tersedia beberapa potong tertentu,
seperti hanya ada 1000 di seluruh dunia. T-Shirt yang diberi nomor tersebut
mungkin akan menstimulus konsumen terutama yang memiliki keterlibatan dan
pengetahuan produk yang tinggi terhadap T-Shirt VOLCOM, untuk mendapatkan dan
mengoptimalkan kepuasan nilai yang diinginkan. Strategi pemasaran yang lain
adalah dengan membuat situs web VOLCOM agar konsumen di seluruh dunia ini dapat
melihat catalog produk dan bisa bertransaksi langsung atau berbelanja secara
online tanpa harus datang ke store-store ataupun outlet-outlet VOLCOM yang
masih jarang dijumpai selain dikota-kota besar di Indonesia.
No comments:
Post a Comment