BIOSINTESIS PROLIN DAN ARGININ


2.1 Pengertian Prolin
v  Prolin adalah asam amino yang dibutuhkan untuk produksi kolagen.
v  Prolin merupakan satu-satunya asam amino dasar yang memiliki dua gugus samping yang terikat satu-sama lain (gugus amino melepaskan satu atom H untuk berikatan dengan gugus sisa). Akibat strukturnya ini, prolin hanya memiliki gugus amina sekunder (-NH-). Adanya rantai siklik yang terbentuk antara gugus amina dan residu menyebabkan prolin memiliki karakter yang khas (relatif sangat kaku) dan menentukan konformasi protein secara kuat.

2.2  Kegunaan Prolin
Prolin dan turunannya sering digunakan sebagai katalis dalam reaksi organik asimetris. Para pengurangan CBS dan prolin katalis kondensasi aldol adalah contoh menonjol.
L-prolin adalah osmoprotectant dan karena itu banyak digunakan dalam farmasi, aplikasi bioteknologi.

2.3 Biosintesis prolin

Prolin merupakan asam amino yang dibutuhkan untuk produksi koladen. Amina primer pada karbon α dari semialdehid glutamat membentuk dasar Schiff dengan aldehida yang kemudian dikurangi, menghasilkan prolin.
Ketika prolin berada dalam ikatan peptida, tidak memiliki hidrogen pada gugus amino α, sehingga tidak bisa menyumbangkan ikatan hidrogen untuk menstabilkan suatu heliks α β atau lembaran. Hal ini sering dikatakan, tidak akurat, yang prolin tidak bisa eksis dalam α helix. Ketika prolin ditemukan dalam α helix, helix akan memiliki sedikit membungkuk karena kurangnya ikatan hidrogen.
Prolin sering ditemukan pada akhir heliks α atau secara bergiliran. Tidak seperti asam amino lain yang ada hampir secara eksklusif di trans - formulir di polipeptida, prolin dapat eksis dalam konfigurasi-cis di peptida. Cis dan trans bentuk hampir isoenergetic. Cis / isomerisasi trans dapat memainkan peran penting dalam pelipatan protein dan akan dibahas lebih dalam konteks itu.
Asam glutamat mudah dikonversi menjadi prolin. Pertama, kelompok γcarboxyl direduksi menjadi aldehida, menghasilkan semialdehid glutamat. aldehida kemudian bereaksi dengan kelompok α-amino, menghilangkan air karena membentuk dasar Schiff. Dalam langkah pengurangan kedua, basis Schiff berkurang, menghasilkan prolin.

2.4  Pengertian Arginin

v  Arginine, suatu asam amino esensial, memiliki kelompok guanidino dibebankan positif. Arginine baik dirancang untuk mengikat anion fosfat, dan sering ditemukan di pusat-pusat aktif protein yang mengikat terfosforilasi substrat. Sebagai kation, arginin, serta lisin, memainkan peran dalam menjaga keseimbangan biaya keseluruhan protein.
v  Arginin (disingkat Arg atau R) adalah α- asam amino . The L-bentuk adalah salah satu dari 20 umum alam asam amino yang paling. Pada tingkat genetika molekular, dalam struktur asam ribonukleat messenger mRNA , CGU, CGC, CGA, CGG, AGA, dan Agg, adalah kembar tiga dari basa nukleotida atau kodon yang mengkodifikasi untuk arginin selama sintesis protein. Pada mamalia, arginin diklasifikasikan sebagai asam amino esensial bersyarat atau semiessential, tergantung pada tahap perkembangan dan status kesehatan individu. Bayi prematur tidak dapat mensintesis atau membuat arginin internal, membuat asam amino esensial nutrisi untuk mereka. Ada beberapa kondisi yang menempatkan permintaan meningkat pada tubuh untuk sintesis L-arginin, termasuk pembedahan atau lainnya sepsis trauma, dan luka bakar. Arginine pertama kali diisolasi dari lupin bibit ekstrak pada tahun 1886 oleh Swiss Ernst kimia Schultze.
                                                                                                                      
2.5  Kegunaan Arginin

Arginine memainkan peran penting dalam pembelahan sel, penyembuhan luka, menghilangkan amonia dari tubuh, fungsi kekebalan tubuh, dan pelepasan hormon. Arginine diambil dalam kombinasi dengan proanthocyanidins atau yohimbin , juga telah digunakan sebagai pengobatan untuk disfungsi ereksi .
Manfaat dan fungsi dikaitkan dengan suplementasi oral termasuk L-arginin:
  • Prekursor untuk sintesis oksida nitrat (NO)
  • Mengurangi waktu penyembuhan luka (terutama tulang)
  • Mempercepat waktu perbaikan jaringan yang rusak
  • Membantu menurunkan tekanan darah
2.6  Biosintesis Arginin

Arginine disintesis dari citrulline oleh aksi berurutan dari enzim sitosol argininosuccinate sintetase (ASS) dan lyase argininosuccinate (ASL). Ini adalah penuh semangat mahal, sebagai sintesis dari setiap molekul argininosuccinate membutuhkan hidrolisis adenosin trifosfat (ATP) untuk adenosin monofosfat (AMP), yaitu, dua setara ATP.
Citrulline bisa berasal dari berbagai sumber:                      
v  dari arginin melalui oksida nitrat sintase (NOS)
v  dari ornithine melalui katabolisme prolin atau glutamin / glutamat
v  dari dimethylarginine asimetris (ADMA) melalui DDAH
Menghubungkan jalur arginin, glutamin , dan prolin yang bidirectional. Dengan demikian, pemanfaatan bersih atau produksi asam amino ini sangat tergantung pada jenis sel dan tahap perkembangan.
Sintesis arginin dari citrulline juga terjadi pada tingkat yang rendah dalam sel-sel lainnya, dan kapasitas seluler untuk sintesis arginin dapat nyata meningkat dalam keadaan yang juga menyebabkan iNOS . Dengan demikian, citrulline, sebuah coproduct dari reaksi NOS-dikatalisis, dapat didaur ulang untuk arginin di jalur yang dikenal sebagai jalur-citrulline NO atau arginin-citrulline. Hal ini ditunjukkan oleh fakta bahwa dalam banyak tipe sel, citrulline dapat menggantikan arginin untuk beberapa derajat dalam mendukung sintesis NO. Namun, daur ulang tidak kuantitatif karena citrulline terakumulasi bersama dengan nitrat dan nitrit, akhir-produk yang stabil dari NO, dalam memproduksi sel NO.

FAHMI

No comments:

Post a Comment

Instagram