Kuliah "Angkot"


Pernah gak sih terpikirkan kalo orang yang naik angkot itu lebih bertenggang rasa dan peka daripada orang yang tidak? Mari coba kita tarik kesimpulan dari hipotesa tersebut. Hazek.

Kalo di angkot, terus tiba-tiba ada penumpang baru yang mau naik pasti orang-orang yang di dalem langsung benerin posisi duduk mereka dan berancang-ancang ngasih space buat penumpang yang baru naik tadi. Poin pertama: Itukah kepedulian? Atau kepekaan?

Terus kalo ada penumpang yang mau turun dengan bilang "Kiri PAK!" terus si supir gak denger, pasti nanti dibantu sama penumpang yang lain ngasi tau sang supir biar berhenti. Poin kedua: tolong menolong.

Naik angkot juga gak bisa marah-marah kalo supirnya suka berhenti dulu nyari penumpang, atau jalannya lama. Karna bukan kita aja yang mau cepet sampe di tempat tujuan, semua penumpang juga. Poin ketiga: melatih kesabaran.


Jadi apakah hipotesa saya ini benar? Relatif. Tergantung dari personal-nya masing-masing. Hanya saja saya bisa bilang kalo naik angkot itu bisa mengasah rasa tenggang rasa kita. Naik angkot juga ngebuka mata kita, liat dunia sekitar, liat kehidupan masyarakat yang unik, lucu, rame dan banyak bertemu orang-orang yang kadang-kadang 'diluar' dugaan kita. Walaupun saya tetep benci banget sama supir angkot yang kalo nyetir seenak jidat dan suka bikin jalan macet, tapi itu semua bener-bener melatih kesabaran seseorang. Saya sih gak menghimbau ente semua buat naik angkot, cuma gak ada salahnya sekali-sekali mencoba angkutan masyarakat tersebut.

FAHMI

No comments:

Post a Comment

Instagram