Tak Ada yang Konstan


TIME CHANGE, PEOPLE CHANGE, EVERYTHING CHANGED

jadi inget kutipan di novel 5cm, "sesuatu yang pasti di dunia ini hanya ketidakpastian" iya sih, waktu aja berubah terus, bener-bener gak ada yang konstan sama kaya variabel dalam matematika, bisa berubah begitu saja, begitu pun kita sebagai pelaku seni dalam hidup.
manusia berubah bukan karena ada orang lain yang merubahnya, melainkan karna ada faktor-faktor lain yang membuat pribadi tersebut mengizinkan perubahan itu terjadi dalam hidupnya. perubahan merupakan proses pendewasaan, setiap orang pasti pernah menjajakinya. ada yang bilang protective adalah ekspresi rasa sayang, tapi menurut aku protective adalah sikap seseorang yang terlalu takut melihat mereka atau orang lain berubah untuk semakin matang. kita yang protective adalah kita yang gak percaya perubahan itu baik adanya, baik buruknya perubahan itu kan tergantung dari sisi mana kita melihatnya, semua kejamerekan / segala sesuatu yang terjadi pasti ada baik dan buruknya. menurut aku sih, semakin kita sayang sama diri sendiri atau orang lain, semakin kita membiarkan perubahan itu masuk, membiarkan dunia mengenalkan dirinya pada kita, untuk hal menerima dunia itu atau enggak itu kembali ke urusan masing-masing yang menjalani proses pendewasaan itu sendiri. mau sahabat, orang tua ataupun pasangan yang sayang sama kita, pasti mengenalkan dunia ke kita, memerhatikan dan menarik kita jika sudah terlalu jauh terjerumus dalam hal duniawi, bukannya terus memprotect sehingga kita gak tau apa-apa tentang dunia ini.

namun terkadang perubahan yang terjadi terhadap orang yang kita sayang bisa membuat kita kecewa. itu yang terjadi pada sahabat atau seperti itulah aku menganggap mereka, sebut aja Cele. cele kecewa sangat melihat aku yang sekarang, melihat aku sangat akrab dengan temen bengong aku yang bernama dunhill. tapi inget, "everything happens for the reason so dont judge easily".

dunia kampus gak seringan dunia sekolah dan gak seprotect dunia kerja.
saat sekolah dan terlebih sekolah swasta katolik, hidup cuma ya gitu gitu aja, sekolah, pulang, sekolah , pulang, mentok-mentok nongkrong di warteg, warkop, mcd, sevel, senakal-nakalnya anak seklah paling apa sih, bagi anak-anak cowo paling cabut, gak ngerjain tugas, ngerokok, nonton bokep. bagi anak-anak cewe paling telat, cabut, gak ngerjain tugas, ngegosip, nikung temen dan lain sebagainya. polos, fana.
di dunia kerja, kita tertekan untuk melakukan segala sesuatu secara rutin dan monoton, siklusnya berputar seperti itu aja, jenuh tapi harus bertanggung jawab ditambah sedikit tekanan dari partner-partner yang gak asik atau nikam kita dari belakang.
sementara di kampus, di kampus paling lama belajar cuma 4 sampe 5 jam, gak beda jauh sama sekolah, bedanya kita dibebaskan untuk masuk atau enggak, gak ada bel, gak ada guru piket, mau masuk ya bagus, enggak yaudah itu urusan elo. mau belajar dan ngikutin pelajaran ya bagus, enggak ya tanggung sendiri resikonya, gak ada hukum menghukum kaya jaman sekolah. ngerjain tugas ya dapet nilai, kalo enggak ya nilainya kosong, gak ada tuh orang tua ditelfon dan dipanggil wakasek bidang kesiswaan. ditambah pergaulan kampus yang mulai dari anak baik-baik kaya malaikat, lumayan baik, rada baik, agak buruk, lumayan buruk sampe buruk banget kaya setan ada semua. mulai pergaulan anak alim, kutu buku, cewe-cewe rempong, cowo-cowo metroseksual, preman-preman yang disegani, anak eksis kantin sampe pergaulan yang bener-bener bebas.
oleh karena itu aku bilang, "lebih sulit berdiri bertahan disatu sisi disaat pihak-pihak lain datang dan menawarkan madu berkamuflase, dibanding berjalan berputar sesuai arus yang mengalir". ditengah perubahan yang kalian liat dari aku, aku juga tetap menjaga agar berdiri dan bertahan, tapi kalo aku kegeser-geser dikit ya maaf, aku belum setangguh itu. you know? orang yang kuat adalah orang yang pernah jatuh terguling-guling, orang yang tertawa bahagia adalah orang yang pernah merasakan perihnya kesakitan. so, this is a real life, enjoy it cause live just once. life simply, dont regret and say thanks for what have done. God have the biggest plan for us, everything will be beautiful in His time. we just wait and learn :) 


FAHMI

No comments:

Post a Comment

Instagram